ASUS Zenbook UX305, Ultrabook Pertama Asus Hadir Di Indonesia

Posted on

Pada tahun 2015 lalu, ASUS kembali mengeluarkan salah satu ultrabook. Nah, kali ini masyarakat Indonesia pertama kali mendengar pengumuman bahwa ASUS Zenbook UX305 dilaporkan telah tersedia luas di pasar tanah air.  Selain lebih tipis dan portabel, daya tahan baterai yang lebih baik, kini Zenbook dapat bekerja nyaris tanpa mengeluarkan suara.

Kemampuan terbaru Zenbook UX305 tersebut dimungkinkan karena penggunaan prosesor Intel Core M yang hanya mengonsumsi daya antara 3,5 sampai 4,5 watt saja. Ini artinya, perangkat tidak lagi membutuhkan pendinginan berbasis kipas. Dengan tidak digunakannya pendinginan tambahan tersebut, dimensi Zenbook UX305 bisa semakin direduksi. Jika varian Zenbook sebelumnya memiliki tebal 19,2 milimeter, pada Zenbook terbaru ini ketebalannya bisa ditekan hingga 12,3 milimeter di titik tertebalnya.

Fitur ASUS Zenbook UX305

ASUS Zenbook UX305

ASUS Zenbook UX305 sendiri hadir dalam pilihan prosesor Intel Core M 5Y71 atau 5Y10. Kedua prosesor tersebut telah dibekali cache 4MB serta memiliki konsumsi daya yang rendah untuk memperpanjang daya tahan baterai. Keduanya juga sudah mendukung instruksi 64bit dan dibangun dengan fabrikasi 14nm agar bisa menjalankan semua aplikasi dengan lancar, termasuk saat menjalankan aplikasi multitasking di sistem operasi Windows 8.1 64-bit yang sudah disertakan.

Zenbook UX305 memiliki layar berukuran 13,3 inci dengan teknologi In-Plane Switching (IPS) untuk menjaga konsistensi warna tampilan meskipun dilihat dari sudut berbeda, hingga 178 derajat. Di dalam badan perangkat setebal 12,3mm disematkan baterai yang mampu mendayai perangkat sampai 10jam. Semua dipaket dalam berat tak lebih dari 1,2 kg saja.

Untuk memenuhi beragam koneksi terkini, ASUS Zenbook UX305 memiliki 3 buah port USB 3.0 yang mampu mentransmisikan data 10 kali lebih cepat dibanding USB 2.0. Terlebih lagi, port USB 3.0 tersebut juga dilengkapi dengan teknologi ASUS USB Charger Plus yang membuat penggunanya dapat mengisi daya ulang baterai smartphone atau tabletnya hingga 50% lebih cepat, bahkan saat Zenbook UX305 dalam kondisi sleep ataupun shut down.

Harga ASUS Zenbook UX305

ASUS Zenbook UX305

Selain itu, ultrabook andalan anyar Asus itu juga telah dipersenjatai dengan RAM LPDDR3 sebesar 4 atau 8GB, serta SSD sebesar 256GB untuk media penyimpanan. Dengan kemampuan yang ditawarkan, Asus Zenbook UX305 dibanderol dengan opsi harga Rp. 11,299 juta dan Rp. 16,299 juta sesuai dengan spesifikasi yang disertakan.

Di Indonesia, ASUS Zenbook UX305 tersedia dalam warna Obsidian Black. Dua pilihan warna lainnya, yaitu Champagne Gold, dan Cheramic White akan hadir pada akhir Mei 2015 ini. Pengguna yang sudah tertarik, bisa mendapatkannya lewat mitra distribusi ASUS di Indonesia termasuk Astrindo, Metrodata, Datascript dan Dragon Computer.