Jenis Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa 2016

Posted on

Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa – Mencari laptop murah berkualitas tentu bukan hal yang mudah. Terlebih lagi bagi kamu yang memasuki jenjang perguruan tinggi. Laptop yang bagus untuk nmahasiswa merupakan kebutuhan yang teramat penting dan wajib dimiliki setiap mahasiswa. Ada banyak sekali fungsi laptop untuk mahasiswa, di antaranya membuat persentasi, mengerjakan makalah, browsing tugas. Hingga menjalankan berbagai aplikasi atau software untuk menunjang aktivitas kuliah. Bagi kamu yang baru lulus SMA atau hendak memasuki jenjang perguruan tinggi sebaiknya mulai memburu kebutuhan yang paling penting saat kuliah ini. Ada beberapa tips memilih laptop terbaik untuk menemani aktivitasmu di tempat perkuliahan.

jenis-laptop-yang-bagus-untuk-mahasiswa-2016

Hal terpenting yang perlu kamu persiapkan pertama kali saat hendak membeli sebuah laptop adalah dana atau anggaran. Budget perlu dipersiapkan agar kamu bisa memilih mana jenis laptop yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Seperti kita ketahui, kini harga laptop di pasaran begitu bervariasi. Alasannya adalah bergantung pada spesifikasi laptop dan juga kurs dari mata uang dollar itu sendiri. Umumnya bila kamu ingin sekali menikmati fasilitas dan spesifikasi yang menarik dan bagus. Paling tidak kamu harus mempersiapkan anggaran berkisar antara 4 sampai 5 jutaan. Akan tetapi, kini ada pula jenis laptop yang harganya 5 juta ke atas dengan spesifikasi lebih baik. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan dana atau budget terlebih dulu. Agar bisa membeli laptop sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Laptop Yang Bagus Untuk Mahasiswa

Spesifikasi laptop yang bagus untuk mahasiswa pastinya berbeda dengan spesifikasi laptop yang diperlukan para pengusaha. Biasanya mahasiswa memerlukan laptop untuk bisa mengerjakan berbagai macam tugas perkuliahannya. Untuk itu tak diperlukan laptop dengan spek yang begitu tinggi. Namun tentunya berbeda dengan mahasiswa jurusan desainer atau komputer, karena beberapa dari mereka memerlukan laptop dengan spek tinggi. Bagi kamu yang hanya memerlukan lapptop dengan keperluan untuk menyimpan berbagai macam fitur multimedia maupun data yang lainnya. Atau hanya untuk sekedar melakukan browsing, menonton film dan mendengarkan musik tentunya tidak memerlukan spesifikasi laptop yang tinggi. Adapun spek yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli laptop yaitu mulai dari kapasitas RAM-nya, sektor dapur pacunya, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan supaya kamu tidak mubazir saat membeli laptop.

Ketika kamu hendak membeli laptop yang berkualitas dan bagus, opsi ketiga adalah perlu mempertimbangkan merek laptop itu sendiri. Pastikan kamu memilih laptop dengan merek yang sudah terkenal dan banyak digunakan. Kini ada banyak sekali merek laptop yang beredar di pasaran. Namun untuk memastikan apakah laptop tersebut berkualitas dan terjamin, faktor merek juga mempengaruhi. Semakin banyak orang menggunakan merek laptop tertentu, pastinya kualitas laptop merek tersebut semakin bagus dan terpercaya. Hal ini tentunya bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tak ingin repot-repot jika laptop yang baru dibeli mengalami kerusakan. Pastikan memilih laptop bermerek dan laris di pasaran. Di samping itu, pilih merek laptop yang juga mudah ditemukan service center-nya. Hal ini bertujuan, jika kamu mengalami kesulitan atau saat terdapat masalah pada laptop yang kamu beli cukup dengan membawa laptop tersebut ke pusat layanan terdekat.

Acer C720 Chromebook

Chromebook adalah sebuah perangkat kecil yang cukup menarik. Kamu tidak akan bisa menggunakan program seperti Microsoft Word atau Photoshop di laptop ini, tapi bisa menggunakan aplikasi Google yang menyediakan aplikasi office sejenis seperti Google Docs. Nah, kalau kamu bukan seorang gamer kelas berat dan gak cinta mati sama Microsoft Office, laptop yang bagus untuk mahasiswa ini sangat cocok buat kamu. C720 sangat ringan sehingga laptop ini gampang buat dibawa ke kelas. Selain itu, karena laptop ini merupakan perangkat yang cukup minimalis, prosesornya hampir tidak mengkonsumsi daya apapun. Ini artinya, laptop ini bakalan tetap nyala tanpa harus dicharge untuk kurang lebih 9 jam.

Sebagai chromebook pertama yang menggunakan prosesor terbaru Intel Haswell, Acer Chromebook C720 akan lebih bertenaga jika dibandingkan dengan HP Chromebook 11, yang menggunakan prosesor Exynos 5250. Selain itu,  Acer Chromebook baru murah dari produsen asal Taiwan ini juga dipersiapkan sebagai suksesor versi sebelumnya yang berlabel C710. Acer Chromebook C720 pastinya diharapkan bisa sesukses saudara tuanya itu. Chromebook besutan Acer ini hadir dengan mengusung bodi yang tipis dan bobot yang ringan. Ketebalannya hanya 19,05 mm saat dilipat, sedangkan bobotnya hanya 1,25 kg. Inilah salah satu keunggulan Acer Chromebook C720 ini, sehingga membuat perangkat ini cukup mudah untuk dibawa kemanapun, dan nyaman dijinjing kala bepergian. Tapi, meskipun chromebook ini memiliki bentuk yang tipis dan ringan, spesifikasi yang dibawanya tetap dapat diandalkan.

Acer Chromebook C720 Review

Acer Chromebook C720 ini dibekali dengan layar besar berukuran 11,6 inci. Sektor layarnya itu sudah memenuhi spesifikasi standar untuk sebuah chromebook, yakni beresolusi 1366 x 768 piksel. Selain itu, layar gadget ini juga memiliki rasio aspek 16:9 dan anti-glare. Sayangnya, belum diketahui apakah layarnya tersebut mendukung teknologi touchscreen atau tidak. Meski begitu, untuk mengetik sudah tersedia keyboard spill-resistant bagi pengguna perangkat ini. Untuk mendukung konektivitasnya, Acer telah menyediakan 2 port USB versi 3.0 dan 2.0, serta port HDMI pada chromebook ini. Selain itu, ada pula koneksi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, serta SD card reader dan slot SD card. Sedangkan, webcam yang dimilikinya berjenis Webcam HD, yang tentunya mampu menghasilkan kualitas HD. Webcam-nya tersebut bisa dimanfaatkan untuk video chatting, serta juga untuk merekam video dan foto.

Untuk menilai sebuah gadget pintar, tentu tidak sah jika kita belum melihat kekuatan sector dapur pacunya. Acer Chromebook C720 ini ditenagai oleh prosesor dual-core jenis Intel Celeron 2955U dengan kecepatan maksimal hingga 1,4 GHz, sama dengan yang kita temui pada Chromebook 14 dari HP. Kemudian, sektor tenaganya itu juga didukung dengan pengolah grafis yang mumpuni dari Intel HD Graphics. Meskipun chromebook terbaru dari Acer ini masih menggunakan tenaga Celeron, tetapi prosesornya itu sudah memiliki basis arsitektur Haswell. Prosesor ini merupakan generasi keempat alias generasi terbaru dari Intel. Keunggulannya, mampu menawarkan peningkatan kinerja dibandingkan prosesor generasi sebelumnya.

Acer Chromebook C720 Spesifikasi

Sebagai sebuah chromebook, perangkat ini tentunya akan menggunakan sistem operasi berbasis cloud. Atau awan besutan Google, yaitu Chrome OS. Makanya, wajar saja jika spesifikasi perangkat keras pada Acer Chromebook C720 ini secara umum tidaklah terlalu canggih. Sama seperti chromebook merek lainnya, karena cara kerjanya menggunakan bantuan cloud. Hanya saja, penggunaan sistem operasi tersebut akan memerlukan koneksi internet yang kuat.Laptop ini adalah laptop yang bagus untuk mahasiswa.

Kelebihan lain yang dijanjikan oleh Acer Chromebook C720 ini ada pada baterainya. Sumber daya pada perangkat ini mempunyai ketahanan yang cukup baik, dengan kemampuan bertahan hingga 8,5 jam dalam pemakaian normal. Daya tahannya itu dua kali lipat lebih lama dibandingkan dengan baterai yang dimiliki pendahulunya, C710. Jika diadu dengan HP Chromebook 11, daya tahan baterai chromebook Acer ini juga lebih handal.

Acer Chromebook C720 ini juga sudah dibekali dengan memori internal berupa SSD dengan kapasitas maksimal 16 GB. Berkat dukungan SSD berkapasitas kecil itu, perangkat ini hanya membutuhkan waktu kurang dari tujuh detik untuk proses booting. Jika ruang penyimpanan tersebut masih kurang, tersedia pula Google Drive berkapasitas 100 GB pada layanan cloud, yang bisa digunakan secara gratis selama dua tahun.

Harga Acer Chromebook C720

Chromebook baru dari Acer ini dijual dengan dua pilihan yang berbeda pada kapasitas RAM yang dimilikinya. Yaitu memori RAM sebesar 2 GB dan 4 GB. Nilai jualnya sendiri akan dipatok dengan harga yang cukup murah, dibandingkan pesaing sekelasnya. Banderol Acer Chromebook C720 adalah 249 dolar AS, atau sekitar Rp 2,8 juta. Harganya itu lebih murah 30 dolar AS dibanding HP Chromebook 11 yang menjadi pesaing utamanya. Acer Chromebook C720 ini sekarang sudah bisa dipesan secara pre-order oleh para konsumennya di Amerika Serikat.  Sayangnya, belum ada informasi mengenai ketersediaan chromebook ini untuk pasar internasional, termasuk di Indonesia. Jikapun perangkat ini nantinya dijual juga di Tanah Ari, tentunya harganya akan lebih mahal.

ASUS Chromebook C300MA-DB01

Yang membedakan ASUS Chromebook ini dengan Acer C720 Chromebook adalah layarnya yang sedikit lebih besar daripada C720, yaitu 13,3 inch. Selain itu, laptop ini juga punya daya tahan baterai yang lebih baik, sekitar 10 jam dan kualitasnya lebih substansial. Laptop yang bagus untuk mahasiswa ini mempunyai spesifikasi yang handal. Di sisi lain tentu saja biayanya sekitar USD 50 lebih mahal daripada C720. Namun, prosesornya agak lebih lambat daripada C720. Walaupun kamu nggak bakal terlalu banyak masalah kalau hanya memakai laptop ini untuk browsing (asal tidak terlalu banyak buka tab browser). Keyboard ASUS cukup luas dan sempurna untuk segala jenis jurusan yang mahasiswanya sering dapet tugas nulis essay tiap minggu.

Asus telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan merilis tanggal peluncuran dan harga Notebook terbaru mereka yaitu Chromebook C300MA. Chromebook ini sendiri datang dengan dua varian warna yaitu hitam dan putih. Chromebook ini dibagi menurut kapasitas penyimpanannya yaitu 32 GB dan 16GB. Spesifikasi umum yang dimiliki oleh kelompok tersebut adalah layar 13.3 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixel, menggunakan LCD yang tidak mengkilap (dop). Untuk dapur pacunya digunakan Intel Celeron Processor N2830 Dual Core yang berlari pada kecepatan 2.4 GHz. Beberapa fitur yang disematkan pada notebook ini diantaranya adalah WIFI 802.11 a/b/g/n, bluetooth 4.0 dan kamera depan. Pada bagian samping terdapat juga USB 3.0, USB2.0, HDMI, Slot SD, MMC, SDHC dan microphone.

ASUS Chromebook C300MA-DB01

Untuk RAM juga tersedia dua model, yang pertama adalah yang menggunakan 4 GB (Jepang) dan untuk Eropa menggunakan 2 GB. Warna yang diberikan untuk Jepang yaitu hitam dan putih, sedangkan untuk Eropa terdapat beberapa varian warna seperti sky blue, valencia orange, dan kuning. Chromebook ini memiliki dimensi 329 x 230 x 23 mm dan beratnya sekitar 600gr. Asus mengklaim bahwa daya tahan baterai produk ini mencapai 10 jam. Disamping Chromebook C300MA, Asus juga akan merilis sebuah Chromebook versi desktop yang menggunakan system operasi Chrome OS.

HP ProBook 450 G1

Kali ini bukan lagi Chromebook. Kita akan memasuki dunia perangkat yang didukung Windows. ProBook adalah laptop minimalis yang memiliki sistem operasi Windows 7. Bisa di upgrade ke Windows 8 tapi performanya tidak akan begitu bagus. Kalau kamu nggak suka harus ngerjakan segala sesuatunya dengan internet melalui Google Chrome. Perangkat ini merupakan laptop yang akan memiliki penjualan terbaik yang menjalankan Microsoft Word. Dan kamu bisa melakukan hampir semua yang perlu dilakukan tanpa harus menguras habis isi dompetmu.

Di sisi lain, laptop ini nggak akan bisa menjalankan game-game baru dengan baik karena pengaruh chip grafis Intel yang telah terintegrasi. Kalau bukan seorang gamer atau bukan tipikal orang yang bakal menguras daya baterai laptop, perangkat ini tentunya cocok buat kamu. Perangkat ini dibekali prosesor Core i3 yang cukup familiar. Kalau cuma sekedar untuk browsing internet, nonton video, atau menulis makalah kayaknya tidak akan bermasalah.

HP ProBook 450 G1 Spesifikasi

HP ProBook 430 G1-7PA bisa meningkatkan kinerja dan performa sehari-hari. Ditambah lagi dengan adanya generasi terbaru dari Intel Core yang membuat CPU dan GPU dari laptop tersebut cukup tinggi. Notebook yang memakai bahan alumunium ini tentu saja menampilkan desain dan tampilan yang maksimal. HP ProBook 430 G1-7PA ini memakai procie dari Intel Core i3 4010U yang menjadi salah satu generasi terbaru dari Intel Haswell. Processor ini juga sudah menyediakan fitur Hyper Threading yang bisa mengangkat CPU dengan clock speed 1.7 GHz menjadi lebih cepat. Meksi tidak tersedia Turbo Boost, namun teknologi manufaktur tersebut tetap bisa memberikan performa Clock Speed hingga 10 %.

Ditambah lagi dengan adanya dukungan dari AVX2 dan juga FMA yang membuat notebook bisa menjalankan aplikasi anyar. Teknologi Hyper Threading bisa membuat CPU ini bekerja sebanyak 2 kali lipat. Dan prosesor tersebut bisa memaksimalkan 4 Core yang terdapat di CPU tersebut. Kelebihan ini sudah pasti akan membuat notebook mampu memberikan performa dan kinerja yang sangat cepat serta cepat. Sudah tentu menjadi daya dukung baru. HP ProBook 430 G1-7PA ini juga menyediakan layar dengan dimensi 13.3 Inch yang sudah ada anti glare. Sementara kartu grafis Intel HD Graphics 4400 menjadi vga utama dari laptop tersebut yang bisa menampilkan grafis visual yang sangat tajam. Kapasitas memori internal sendiri sekitar 500 GB dan memori RAM mencapai 2 GB.

jenis-laptop-yang-bagus-untuk-mahasiswa-2016

ASUS ROG G56JK-EB72

Laptop ini merupakan laptop gaming ultrabook produksi ASUS. Daya baterainya lumayan lama, desainnya ramping dan ringan. Perangkat ini adalah “mesin” yang akan kamu butuhkan kalau kamu adalah seorang gamer serius (dan tidak ingin membawanya untuk sekedar main di asrama kampusmu) atau juga untuk kamu yang butuh aplikasi berat untuk ngerjakan tugas jurusanmu (jurusan teknik misalnya). Laptop ini laptop yang bagus untuk mahasiswa. Laptop gaming Asus termurah dengan seri khusus yakni G-Series dan Strix. Untuk Laptop Asus gaming ini di desain dengan warna hitam dan kombinasi dengan warna merah menyala yang membuat kesan laptop ini semakin garang. Dan desain fisik pada laptop ini pun dibagi menjadi tiga macam. Pada keyboard laptop ini disematkan desain backlit, yang akan membuat tuts-tuts keyboard Anda menyala warna merah. Dengan desain dan fungsi yang juga berbeda.

Laptop ini memiliki prosessor Intel Core i7 yang merupakan prosessor terbaru besutan dari Intel. Yang makin membuat saya terkesima adalah sistem pendinginan pada laptop ini. Laptop ini di desain khusus untuk gaming yang memang akan membuat sistem lebih cepat panas dan tentunya panasnya luar biasa. Nah, laptop ini di desain untuk hal tersebut. Sistem pendinginan pada laptop ini menjamin kondisi laptop Anda akan selalu dingin walaupun sedang memainkan game berat berjam-jam sekalipun. Tentu saja dingin yang saya maksud disini bukan seperti di dalam kulkas. Pada harddisk pun demikian, di desain agar makin cepat. Laptop ini menggunakan harddisk SSD yang merupakan harddisk tercepat saat ini. Harddisk SSD merupakan harddisk seri terbaru yang konon kecepatan harddisk ini bisa 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan harddisk biasa. Sebagai gambaran, booting pada laptop ini yang membutuhkan waktu 1 detik.